Kamis, 06 Februari 2014

Tugas Pak Nunuk Riza Puji,S.T



Kuliax
 
Kuliax 6.0 adalah distribusi sistem GNU/Linux untuk pendidikan di Universitas, khususnya Program Studi Teknologi Informasi atau yang berhubungan seperti Teknik Elektro (TE) konsentrasi Sistem Komputer dan Informatika, Teknik Informatika (TF), Ilmu Komputer (IK), dan lain-lain.
Kuliax 6.0 merupakan implementasi pertama dari rencana Kuliax Project, sebuah proyek untuk membawa Linux dan Perangkat Lunak Bebas dan Open Source (PLBOS) ke dunia pendidikan di Universitas.
Kuliax berbentuk live CD berbasis Debian Unstable/Testing dan Knoppix yang diarahkan ke penggunaan Linux Desktop. Kuliax berisi aplikasi lengkap yang umum digunakan: perkantoran, multimedia, produktivitas, perkakas, aplikasi yang digunakan di dunia pendidikan khususnya TI/TE/TF/IK, aplikasi dan sistem yang disesuaikan dengan silabus/kurikulum (TI).


MEMBUAT FOLDER DIRECTORY PADA TERMINAL LINUX

Kali ini, akan membahas bagaimana caranya membuat folder directory pada terminal linux. Pertama kita siapkan dahulu aplikasi VMware Player dan kuliax.iso (salah satu distro linux), kemudian install VMware Player pada komputer kita. Jika belum punya VMware Player bisa di download pada link berikut ini: http://www.vmware.com/download/player/download.html  sedangkan untuk  kuliax.iso bisa di download  di link berikut ini: http://linux.downloadatoz.com/kuliax/  . jika VMware Player dan kuliax.iso telah kita download, selanjutnya untuk menjalankannya sebagai berikut;
-          Pertama install VMware Player, sampai finish.
-          Setelah finish jalankan VMware Player dengan cara mengklik dua kali icon VMware Player yang terdapat pada dekstop.
Jika VMware Player sudah di buka, klik


-          Selanjutnya akan muncul tampilan window baru untuk memilih file kuliax iso, kita browse tempat dimana kita menyimpannya.
 


-          Klik next
-          Kemudian akan mucul lagi window baru kita pilih pada guest operating systemnya linux, dan versionnya other. Selanjutnya klik next sampai finish.
-          Setelah finish maka pada tampilan home VMware Player akan ada linux yg tadi telah kita buat pada virtual mesin, kemudian klik dua kali pada menu di bawah home atau klik play virtual machine

         

-    
 





      Setalah di klik play virtual machine makan kita akan masuk pada tampilan home kuliax, tampilan gambarnya seperti di bawah ini:

Ø  Kemudian kita akan membuat folder directory pada terminal linux
-          Langkah yang pertama yaitu kita buka terminal program klik dua kali 
(gambar terminal program)
-          Setelah kita masuk pada terminal program selanjutnya kita ketikan sintaks berikut ini:



 

 
Ø  Logika:
·         ls –l = Melihat semua file lengkap
·         Ls digunakan untuk melihat isi sebuah direktori.
·         Fungsi dari sintaks mkdir senin adalah membuat folder baru dengan nama senin
·         Kemudian kita masuk pada folder senin  kemudian pada cd senin   Digunakan untuk berpindah direktori
·         Selanjutnya untuk fungsi dari mkdir dan cd selasa sampai minggu sama seperti pada mkdir dan cd senin yaitu untuk membuat folder baru dengan namanya masing-masing dan pada cd berfungsi untuk berpindah directori.
·         Jadi kita membuat folder di dalam sebuah folder. Seperti pada contoh di atas pertama kita membuat folder senin, selanjutnya folder selasa di dalam folder senin kemudian folder rabu di dalam folder selasa dan seterusnya sampai dengan folder hari minggu.
-          Setelah kita buat sintaks seperti pada gambar di atas kita lihat hasilnya, untuk melihat hasil cukup masuk ke home pada dekstop kuliax  seperti  pada gambar di bawah ini, yang di beri warna merah .

-          Setelah home di buka, maka akan ada folder senin yang telah kita buat tadi untuk lebih jelas gambarnya seperti di bawah ini:

 
 
-          Selanjutnya , coba kita buka folder senin maka di dalam folder senin terdapat folder selasa kemudian buka lagi folder selasa maka di dalam foder selasa akan terdapat folder hari rabu, begitu seterusnya sampai dengan folder hari minggu. Untuk lebih jelasnya bisa di lihat pada gambar di bawah ini:


 

 

Seperti itulah cara membuat folder directori  pada terminal linux (kuliax).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar